Manfaat Buah Kurma Bagi Tubuh

Kandungan Gizi Buah Kurma Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Kurma adalah buah yang mempunyai satu biji, atau bisa juga disebut dengan berry, biasanya berbentuk persegi panjang atau oval tetapi bervariasi dalam bentuk, ukuran, warna, kualitas, dan konsistensi daging, sesuai dengan kondisi budaya dan cuaca setempat. Lebih dari 1000 kurma dapat muncul pada satu tandan dengan berat 8 kg (18 pon) atau lebih. Buah kering mengandung lebih dari 50 persen gula dan masing-masing mengandung sekitar 2 persen protein, lemak, dan mineral.

Apa yang membuat Kurma buah yang kaya akan nutrisi dan gizi?

Kurma menyediakan berbagai macam nutrisi itu yang menjadikannya buah yang kaya. Nutrisi utamanya adalah sebagai berikut;

– Gula: Kurma segar memiliki daging lunak dan mudah dicerna yang mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa. Ketika dimakan, mereka mengisi energi dan merevitalisasi tubuh secara instan.

– Serat: Kurma kaya akan serat makanan, yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Selain itu, serat bekerja sebagai pencahar massal dan membantu melindungi selaput lendir usus besar dengan mengurangi waktu pemaparan makanannya.

Vitamin:

– Vitamin A: Kurma adalah sumber vitamin A yang moderat (mengandung 149 Unit Internasional per 100 g), yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan penting untuk penglihatan. Selain itu, juga diperlukan untuk menjaga kesehatan selaput lendir dan kulit. Konsumsi buah alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

– Vitamin B-kompleks: Buah ini memiliki tingkat vitamin B-kompleks yang memadai. Mengandung pyridoxine (vitamin B-6), niacin, asam Pantothenic, dan riboflavin yang sangat baik. Vitamin ini terlibat dalam metabolisme seluler karbohidrat, protein dan lipid.

Vitamin K: Manfaatnya diantaranya adalah :

Secara otomatis mengatur pembekuan darah dengan mengangkut kalsium dari tubuh ke area cedera. Ini juga mengurangi malabsorpsi, penyakit kuning dan perdarahan internal di hati. Vitamin K Diperlukan untuk menghasilkan protein yang disebut Octeocalcin yang mengikat kalsium ke matriks tulang untuk meningkatkan kepadatannya dan dengan cara ini mencegah kita dari osteoporosis.

Seorang wanita yang mengalami perdarahan menstruasi berlebih akan kekurangan vitamin K. Kurma dapat membantunya dalam mengurangi aliran darah keluar dari tubuh.

Mineral: Kurma juga kaya akan mineral misalnya:

– Kalsium: Ini adalah mineral penting yang merupakan unsur penting tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, pembekuan darah, dan konduksi impuls saraf.

– Mangan: Digunakan oleh tubuh sebagai faktor pendamping untuk enzim antioksidan Superoksida Dismutase.

– Tembaga: Diperlukan untuk produksi sel darah merah.

– Magnesium: Sangat penting untuk pertumbuhan tulang.

– Kalium: 100 g kurma mengandung 696 mg atau 16% dari kadar Kalium yang direkomendasikan setiap hari. Ini adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah. Mereka menawarkan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner.

Kandungan Gizi Buah Kurma Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Flavonoid: Kurma mengandung antioksidan flavonoid seperti:

Beta karoten
Antioksidan ini melindungi sel-sel manusia dari efek berbahaya dari radikal bebas oksigen sehingga makan kurma bermanfaat untuk melindungi terhadap kanker usus besar, kelenjar prostat, payudara, paru-paru, dan pankreas.

Tanin
Tanin dikenal memiliki sifat anti-infeksi, anti-inflamasi, dan anti-hemoragik (mencegah kecenderungan mudah berdarah).

Zea-xanthin adalah karotenoid diet penting yang secara selektif diserap ke dalam garis sel retina, di mana ia dianggap memberikan antioksidan dan fungsi penyaringan cahaya pelindung. Dengan demikian ia menawarkan perlindungan terhadap degenerasi mata makula terkait usia.

Zat Besi: Kurma adalah sumber zat besi yang sangat baik, mengandung 0,90 mg / 100 g buah (sekitar 11% dari Intake Diet yang Dibutuhkan). Zat besi menentukan kapasitas pembawa oksigen dalam darah.

Kurma dapat digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit & gangguan

– Kekurangan Zat Besi: Kurma adalah sumber zat besi terbaik dan memenuhi kebutuhan nutrisi kita dengan sebaik-baiknya.

– Penyakit jantung: Kaliumnya membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

– Sembelit: Serat kurma mengurangi penyerapan kolesterol LDL dalam usus dan dengan demikian melindungi selaput lendir usus besar dari kanker dan bekerja sebagai pencahar massal untuk mengobati sembelit. Vitamin B kompleks juga berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.

– Anti Hemoragik: Kalsium, Vitamin K & tanin kurma mencegah kecenderungan perdarahan yang mudah.

– Anti kanker: Karena banyak flavonoid, ia melindungi tubuh kita dari kanker usus besar, prostat, payudara, endometrium, paru-paru, mulut, dan pankreas.

– Masalah mata: Zea-Xanthin-nya melindungi kita terhadap degenerasi mata yang berkaitan dengan usia. Vitamin “A” kurma juga meningkatkan penglihatan.

– Perbaikan Tulang: Kalsium, Vitamin K dan Magnesium berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan perbaikannya.

Kandungan Gizi Buah Kurma Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *